12 April 2012

Cara Mencetak Judul Berulang (Print Title) Pada Baris dan Kolom Excel 2007

Pernahkah anda menghadapi suatu kasus dalam penggunaan Excel 2007 atau versi yang sebelumnya dimana anda harus membuat tabel di Excel, namun tabel anda cukup panjang atau lebar sehingga saat tercetak atau di print lebih dari satu halaman sedangkan anda menginginkan header atau judul tabel tersebut harus tercetak pada setiap halaman yang anda cetak.
Sebagai ilustrasi agar mengerti yang saya maksud silahkan lihat 3 potongan gambar dibawah ini. Ketiga potongan gambar tersebut adalah sebuah tabel yang cukup panjang diakibatkan karena cukup panjangnya maka terdiri dari 3 halaman seandainya nantinya dicetak.
Nah saat saya ingin mencetak tabel tersebut, saya menginginkan judul tabel (pada baris pertama) dan judul setiap kolom (pada baris kedua) tercetak atau ter-print di halaman kedua dan yang ketiga juga.
Nah langkah-langkahnya yaitu
  1. Aktifkan ribbon Page Layout, lalu klik tanda panah disudut kanan bawah pada Group Page Setup
  2. Pada kotak dialog Page Setup klik pada bagian Sheet
  3. Print titles dibagian Rows to repeat at top : masukkan nilai $1:$2 atau klik pada kepala baris 1 dan baris 2 sehingga secara otomatis akan terisi nilai $1:$2pada bagian Rows to repeat at top.
  4. Lalu klik OK
  5. Silahkan anda mencetak dokumen dan lihat hasilnya

Catatan Tambahan
  1. Pada bagian Rows to repeat at top untuk mencetak baris tertentu secara berulang di setiap halaman misalnya header atau judul sebuah tabel. Jika hanya baris pertama yang berulang maka anda masukkan nilai $1:$1 atau jika hanya baris kedua yang berulang saja maka masukkan nilai $2:$2 atau jika baris pertama dan kedua yang berulang maka masukkan nilai $1:$2 atau jika tidak maka anda bisa mengklik langsung pada bagian kepala baris yang anda inginkan. Penggunaan angka 1 atau 2 atau yang lainnya karena pada Excel, angka tersebut menunjukkan baris yang ke sekian.
  2. Pada bagian Columns to repeat at left untuk mencetak kolom tertentu secara berulang di setiap halaman dimana disini adalah kolomnya yang berulang jika misalnya sebuah tabel lebih dari 1 halaman dimana tabel tersebut memanjang ke samping. Jika hanya kolom pertama yang berulang maka anda masukkan nilai $A:$A atau jika hanya kolom kedua yang berulang saja maka masukkan nilai $B:$B atau jika kolom pertama dan kedua yang berulang maka masukkan nilai $A:$B atau jika tidak maka anda bisa mengklik langsung pada bagian kepala kolom yang anda inginkan. Penggunaan huruf A atau B atau yang lainnya karena pada Excel, huruf tersebut menunjukkan kolom.
Selamat Mencoba Semoga Berhasil … :-P

5 komentar:

CaraJadi AgenPulsaElektrik said...

TRIMS GAN

Rozi Zeta said...

ok gan..maksih udah mampir.....

Unknown said...

MAKASIH BANYAK :))

Anonymous said...

tlg coba di cekkan dong stikes bina sehat PPNI mojokerto. saya coba buka sendiri ko g bs. tq

Rozi Zeta said...

masih aktif gan dengan rincian ini:
1 073126 STIKES Bina Sehat PPNI Mojokerto Prop. Jawa Timur Swasta Aktif 36 1.361 1 : 37.8

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Total Pageviews

Script IKLAN

Tolong copy paste script ini di blog anda:



style="display:inline-block;width:300px;height:250px"
data-ad-client="ca-pub-7002168190215339"
data-ad-slot="1965494200">

Chrome Pointer

Copyright © 2012. ROZI ZETA | Jangan Takut Mencoba! - All Rights Reserved ReDesign B-Seo Versi 4 by RoziZeta